Senin, 02 Januari 2012

Huru-Hara Ramadhan 2012

Assalamualaikum ^^...

SMS maupun berita tentang adanya huru-hara di bulan Ramdhan 2012 nanti sepertinya sudah beredar kemana-mana dan sepertinya membuat resah orang-orang yaaaa ... Pertama kali mengetahui berita ini tanpa sengaja, hanya menuliskan kalender 2012 eh malah menemukan informasi yang mengatakan akan adanya huru hara di 2012 nanti. Kemudian, aku segera meluncur ke kaskus, dan ternyata .... eng ing eng ... ada ..

Terdapat beberapa penilaian mengenai huru hara tersebut, karena ada yang mengatakan itu adalah sebuah hadits, namun ada yang mengatakan bahwa itu adalah hadits palsu ... Wallahu a'lam ...
Berikut informasinya,, sekedar ingin berbagi apa yang aku dapat :

Seperti inilah SMS dan berita yang beredar ...
 
" 1 ramadhan pda thun 2012 jatuh pada 20 Juli, yaitu hari jumat, jadi 3 agustus 2012 sama dgn 15 ramadhan jga pda hari jumat. Sama dengan 1 hadist Nabi Muhammad SAW mengenai huru-hara besar yang akan terjadi pada tengah malam pertengahan bulan ramadhan yaitu pada hari jumat 15 ramadhan di bumi ini..huru-hara akan mengejutkan semua orang yg sdng tidur....satu suara yg akan kita dngar dari langit, bukan kiamat tetapi huru-hara tsb akan mnelenyapkan umat manusia dmuka bumi sbnyak 2/3 dan yang tinggal hanya 1/3 saja. Menurut kajian NASA pada 21-12-2012 planet yang dikenali dengan Planet X akan melintasi bumi..Apakah kita masuk dlm 1/3 itu???Apakah peristiwa itu akan terjadi???Hanya Allah swt yang Maha Mengetahui..yang penting kita harus bnyak beribadah dan berdoa agar kita termasuk dlm golongan yg dilindungi Allah swt..."

Hadits ( yang dianggap palsu ) :

Dari Nur'aim bin Hammad, Telah menceritakan kpd kami Abu Umar dari Ibnu Lahi'ah berkata telah menceritakan kepadaku Abdul Waahhab bin Husain dari Muhammad bin Tsaabit Al-Bunaani dari Ayahku dari Al Harits Al Hamdaani dari Ibnu Mas'ud Radhiyallahu 'Anhu dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda: "

Bila telah muncul suara di bulan Ramadhan, maka akan terjadi huru-hara di bulan itu..."

Kami bertanya: "Suara apakah, ya Rasulullah..?

Beliau menjawab: "Suara keras di pertengahan bulan Ramadhan pada malam Jum'at, akan muncul suara keras yang membangunkan orang tidur, menjadikan orang yang berdiri jatuh terduduk, para gadis keluar dari pingitannya, pada malam Jum'at di tahun terjadinya banyak gempa.
Jika kalian telah melaksanakan shalat Subuh pada hari Jum'at, masuklah kalian ke dalam rumah kalian, tutuplah pintu-pintunya,sumbatlah lubang-lubangnya, dan selimutilah diri kalian, sumbatlah telinga2 kalian Jika kalian merasakan adanya suara menggelegar, maka bersujudlah kalian kpd Allah Subhanahu Wa Ta'ala .

Siapa perawi hadits ini?
Dan ada dikitab mana hadits ini?
Dan bagaimana penilaian para ulama ahli hadits ttg hadits ini?

Berikut penjelasannya :
"Hadits ini dikeluarkan oleh Nu’aim bin Hammad di dalam kitab al-Fitan (ﻦﺘﻔﻟﺍ) dari Ibnu Mas’ud ﻪﻨﻋ ﻪﻠﻟﺍ ﻲﺿﺭ
[Al Fitan 1/228 No.738].


Juga terdapat dalam Riwayat Al Haitsam Asy-Syaasyi dalam Musnad Asy Syaasyi 2/45 No.826.
Di dalam sanadnya ada Ibn Lahi’ah , dan ia adalah seorang yang lemah/dhaif, di dalam sanadnya juga ada ‘Abd al-Wahhab bin Husain, dan ia seorang majhul/tidak dikenal,seperti yang dinyatakan oleh alHakim dan Ibn Hajar.

Ada juga di dalam sanadnya rawi bernama Muhammad bin Thabit al-Banani , beliau di lemahkan oleh Ibn Hibban dan Ibn ‘Adiy (ﻱﺪﻋ ﻦﺑﺍ), di dalamnya juga ada al-Harith al-A’war al-Hamdaniy dia termasuk pendusta hadith seperti yang dijelaskan oleh al-Sya’biy, Abu Hatim dan Ibn al-Madiniy.
Abu Zur'ah berkata: “Tidak dijadikan hujjah dengan haditsnya.

Ringkasan kedudukan hadits:

1. Al-Hakim mengatakan hadits ini teksnya ganjil.

2. Adz-Dzahabi berkata: (Hadits ini) PALSU.

Adz-Dzahabi juga berkomentar tentang Nu’aim bin Hammad ini :
“Nu’aim memang termasuk salah seorang yang banyak ilmunya, tetapi hati kita tidak tenang menerima hadits yang diriwayatkannya.
Ini menandakan bahwa sosok Nu’aim,meskipun menguasai banyak hadits, namun tidak mendapat tempat di kalangan para ulama hadits.
Dan banyak hadits yang ia riwayatkan bukan hanya lemah (dhaif), tetapi bahkan palsu.
Termasuk hadits diatas.

3. Ibn al-Jauzi menjelaskan hadits ini sebagai hadits palsu di dalam kitabnya Al-Maudhu'aat.


4. Ibnu Hajar berkata tentang Nuaim bin Hammad, sebagai perawi yg hafalan haditsnya lemah, sehingga hadits yg dikemukakan tdk layak dijadikan hujjah..

Al-Hafizh Ibnu Hajar berkata: “Ia benar, akan tetapi banyak salah. (Lihat Taqriibut Tahdziib II/250 no. 7192)

Dan hadits ini Maudhu' sebagaimana terdapat dalam Kitab Silsilah Adh Dha'iifah 13/1058-1061 No. 6471 oleh Syaikh Al Albani.


Wallahu a'lam


Sumber : http://arsyaatsary.mywapblog.com
Semua kembali pada Allah, serahkan padaNYA, karena hanya DIA yang Maha Mengetahui

^Terimakasih Sudah Baca ...^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kawan di kotak komentar yaaa ...
Apa aja ... Asal sopan n NO Spam ... Don't be silent reader guys
Terimakasih Sudah Berkunjung... ^_*