Jumat, 17 Februari 2012

Sejarah Valentine

Assalamualaikum ^^...
Bulan Februari sangat identik dengan bulan penuh kasih sayang, karena tidak lain adanya Hari Kasih Sayang di bulan Februari ini, tepatnya tanggal 14 Februari ... Tapi,, apakah kalian tahu sejarah Valentine itu sendiri ?? Jangan-jangan cuma ikut ngrayain tapi gak tahu bagaimana sejarahnya dulu haiiooooo ... Ada berbagai versi mengenai sejarah valentine itu sendiri, ini beberapanya :


Sejarah Valentine 1 :


Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke III. Ia hidup di kerajaan yang saat itu di pimpin oleh Kaisar Claudius yang terkenal kejam. Ia sangat membenci Kaisar tersebut. Claudius berambisi memiliki pasukan militer yang besar, ia ingin semua pria di kerajaannya bergabung di dalamnya.
Namun sayangnya keinginan ini tidak di dukung. Para pria enggan terlibat dalam peperangan karena mereka tak ingin meninggalkan keluarga dna kekasih hatinya. Hal ini membuat Claudius marah, dia segera memerintahkan pejabatnya untuk melakukan sebuah ide gila.
Claudius berfikir bahwa jika pria tidak menikah, mereka akan senang hati bergabung dengan militer. Lalu Claudius melarang adanya pernikahan. Pasanagan muda saat itu menganggap keputusan ini sangat tidak masuk akal. Karenanya St.Valentine menolak melaksanakannya.


St. Vaelentine tetap melaksanakan tugasnya sebagai pendeta, yaitu menikahkan para pasangan yang jatuh cinta meskipun secara rahasia. Aksi ini akhirnya diketahui oleh kaisar yang langsung memberikan peringatan, namun ia tidak menggubrisnya dan tetap memberkati dalam pernikahan di sebuah kapel kecil dengan cahaya lilin. Sampai pada suatu malam, ia trtangkap basah tengah memberkati satu pasnagan. Pasangan tersebut melarikan diri, namun St.valentine tertangkap. ia dijebloskan ke dalam penjara dan divonis hukuman mati dengan dipenggal kepalanya. Bukannya dihina oleh orang-orang, St.valentine malah dikunjungi banyak orang yang mendukung aksinya itu. Mereka melemparkan bunga an berisi pesan dukungan di jendela penjara dimana ia ditahan.


Salah satu dari orang yang percaya pada cinta kasih itu adalah putri penjaga penjara sendiri. Sang ayah mengijinkan putrinya untuk mengunjungi St.Valentine. Tak jarang mereka bicara lama sekali. Gadis itu menumbuhkan kembali semangat sang pendeta, Ia setuju bahwa St.Valentine telah melakukan hal yang benar. Pada hari saat ia dipenggal kepalanya, yakni tanggal 14 februari St.valentine menuliskan sebuah pesan untuk gadis puti penjaga penjara. Ia menuliskan Dengan Cinta dari Valentinemu. Pesan itulah yang kemudian mengubah segalanya. Kini, tanggal 14 februari, orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayan. Orang yang merayakan hari itu mengingat perjuangan St.Valentine sebagai pejuang cinta, sementara kaisar Claudius dikenang sebagai orang yang ingin mengenyahkan cinta.


Sejarah Valentine 2 :


Menurut Ensiklopedi Katolik, nama Valentinus diduga bisa merujuk pada tiga martir atau santo ( orang suci ) yang berbeda di bawah ini ;


Pastur di Roma
Martir di provinsi Romawi Afrika
Hubungan antara ketiga martir ini dnegan hari kasih sayang tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I pada tahun 496 menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun pada 14 Februari ditetapkan sebagai hari peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan tanggal 15 februari.
Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus diidentifikasikan sebagai jenasah St. Valentinus. Kemudian ditaruh di dalam peti dari emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin Irlandia. Jenasah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada tahun 1836. Banyak wisatawan yang sekarang berziarah ke gereja pada tanggal 14 Februari  dimana peti dari emas di arak dalam sebuah prosesi dan dibawa ke sebuah altar. pada hari itu dilakukan sebuah misa yang khusus dan dipersembahkan pada para muda mudi dan mereka yang sednag menjalin hubungan cinta.
Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santo yang asal muasalnya tidak jelas meragukan dan hanya berbasis pada legenda saja. Namun pesta ini masih tetap dirayakan pada paroki-paroki tertentu.


Sejarah Valentine 3:


Catatan pertama dihubungkannya hari raya Santo Valentinus dengan cinta romantis adalah pada abad ke 14 di Inggris dan Perancis, dimana dipercayai bahwa 14 Februari adalah hari ketika burung mencari pasangan untuk kawin. Kepercayaan ini ditulis pada karya sastrawan Inggris Pertengahan bernama Geoffrey Chaucer. Ia menulis cerita Parlement of Foules ( Percakapan burung-burung ) bahwa :


For this was sent on Seynt Valentine's Day ( bahwa inilah dikirim pada hari Santo Valentinus )
When every foul cometh their to choose his mate ( saat semua burung datang kesana untuk memilih pasangannya )


Pada jaman itu bagi para pecinta sudah lazim untuk bertukaran catatan pada hari Valentine dan memanggil pasangan valentine mereka. Sebuah kartu Valentine yang berasal dari abad 14 konon merupakan bagian dari koleksi naskah British Librari di London. Kemungkinan besar banyak legenda-legenda mengenai Santo Valentinus diciptakan pada jaman ini. Beberapa diantaranya bercerita bahwa :


Sore itu sebelum Santo Valentinus akan mati sebagai martir ( mati syahid ) ia telah menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya pada Sipir penjara yang bertuliskan " Dari Valentinusmu " ketika serdadu Romawi dilarang menikah oleh kaisar Claudius dan Valentinus tetap menikahkan diam-diam.


Sejarah Valentine 4 :


Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion yang dipersembahkan kepada pernikahan Dewa Zeus dan Hera.
i Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan yang dilambangkan setengan telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai ritual penyucian, para pendeta Lupecus mempersembahkan korban kambing kepada dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan berlari-lari di jalanan Roma sambil membawa potongan kulit domba dan menyentuh siapapun yang ia temui di jalan. Sebagian ahli sejarah mengatakan ini sebagai salah satu sebab cikal bakal hari valentine.

sumber warungbebas.com

^Terimakasih Sudah Baca...^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kawan di kotak komentar yaaa ...
Apa aja ... Asal sopan n NO Spam ... Don't be silent reader guys
Terimakasih Sudah Berkunjung... ^_*