Senin, 19 Desember 2011

Perpanjang SKCK

Assalamualaikum ^^ ...

Pertama-tama aku harus mengucapkan syukur Alhamdulillah untuk hari ini ... Tahu kenapa ???
Gak tahu ya ??? Makanya nanya,, gak tahu kok diem aja * halah,,, kaya guru-guru di sekolahan dulu ya hihiiiii *...
Hari ini aku udah nyelesaiin misiku. Tahu udah berapa hari proses untuk menyelesaikan misi ini ???? 20 tahun ... 20 tahun !!! 20 tahun !!! ... Hahhaaaa... emangnya perseturuan anak mama ... Sudahlahh,,
Ini tuh sebenarnya masalah perpanjang sama cari berkas buat nyari kerja * biasalah pengacara, jadi muter-muter gitu *. Awalnya,, hari Kamis minggu lalu aku udah mulai perjalanan untuk misi ini. Seperti biasanya, aku tuh orangnya selalu nanya-nanya * kayak gak punya malu hihiii * ya emang lebih baik kan gitu nanya hal yang belum kita tahu. Aku tanya anak Pak Bayan desaku, tapi orang di sekitar rumahku cuma tahu ngurus SKCK sampe Polsek. Sedangkan aku ke Polres. Terus, aku gak nyerah dong yaa ... aku cari-cari di internet * biasalah, aku kan anak gaol gitooo meski rumah ndeso *. Udah tuh, aku udah nurutin semua yang aku tahu dan cari.

Udah minta surat pengantar dari kelurahan sama kecamatan. Langsung dengan pedenya aku menuju ke Polres. Sesampai di Polres Sukoharjo, ternyata persyaratanku kurang... Haaaaaaaaahhhh ... Sebel, emosi.
Gak ada jalan lain selain balik ke rumah dan melengkapi berkas termasuk ke Polsek terlebih dahulu. Langsung aja mutung alias sedikit ngambek. Bayangin aja, udah jauh-jauh kesana gak dapet apa-apa. Padahal rumahku di ujung Timur, Polres nya taudeh sebelah mana. Jauuuuuuuuuuuhhhhh ...

Kata Pak Polisinya, aturannya emang ganti. Dulu kan kalo perpanjang cuma surat pengantar dari kelurahan plus fotokopi KTP sama Photo doang. Tapi sekarang, buat sama perpanjang sama aja. Lengkap. Dan,, biayanya juga nambah ..Ckckckckkkkk...

Baru ngurus SKCK hari ini. Akhirnyaaaaaaaaaaa ...Alhamdulillah yahhh ...

Nahh, buat kawan-kawan yang mau buat atau perpanjang SKCK, syaratnya sekaligus urutannya :
  1. Minta surat pernyataan dari Kelurahan tempat kalian tinggal, jangan lupa untuk membawa fotokopi KTP, fotokpi KK, dan juga pas foto terbaru ukuran 4x6 = 2 lbr dan 3x4 = 4, tapi untuk berjaga-jaga sebaiknya membawa banyak. Eitssss ... jangan lupa siapkan uang, biasanya mengisi kotak seikhlasnya.
  2. Langsunglah ke Kecamatan, minta cap dari Kantor Kecamatan dan masukkan uang seikhlasnya. * kalo gak ikhlas, gak usah juga gpp mungkin heheheeee *
  3. Lanjut ke Koramil, di sana ntar ketemu sama Pak Tentara =).. Biasanya cuma dikasih cap dan juga ninggalin foto 1 atau 2 untuk arsip di situ. Kalau gak salah, bayar juga deh .. Tapi maaf, lupa,, yang di Koramil ini buat yang untuk pertama kali ngurus SKCK, kalau yang perpanjang gak harus ke Koramil gak papa kok.
  4. Sampai di Polres, serahkan berkas-berkas yang terdiri dari surat pengantar dari kelurahan sampai Koramil, fotokopi KK, fotokopi KTP, pas foto 4x6 = 2 lbr, 3x4 = 2 lbr ( ini untuk yang mau buat SKCK sampai Polsek saja, langsung ngisi formulir ), pas foto 4x6 =1 lbr, 3x4 = 1 lbr ( untuk yang ngurus sampai Polres ). Anehnya, biayanya kok sama sih ??? 10.000 buat yang ngurus sampai Polsek ataupun Polres ??? tar kan juga bayar lagi di Polres, lagian kertasnya juga gak bikin di Polsek kan ??? Tapi, yasudahlah.
  5. Terakhir,,, Finally,,, akhirnya .... Sampai Polres, serahkan semua berkas tadi plus pas foto 4x6 = 4 lbr dan 3x4 = 1 lbr. Serahkan ke petugas, dapat formulir, isi formulir, serahkan ke petugas, tunggu ..... Dan, 15 menit - 20 menit kemudian, jadilahhh ... Jangan lupa untuk membayar 10.000...

Semoga membantu ya kawan-kawan ... Aku tak ingin kalian mengalami nasib sepertiku yang bolak balik karena tak tahu atau kurang persyaratannya terutama yang rumahnya jauh melenceng * maklum, rumahku lebih dekat dengan Karanganyar , perbatasan getoohh *

^Terimakasih Sudah Baca ...^

2 komentar:

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kawan di kotak komentar yaaa ...
Apa aja ... Asal sopan n NO Spam ... Don't be silent reader guys
Terimakasih Sudah Berkunjung... ^_*