Assalamualaikum ^^...
‘Face of the group’, atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘wajah dari
kelompok’, adalah anggota dari grup yang dianggap paling good-looking dan atraktif sehingga selalu ditonjolkan dalam setiap
kesempatan. Anggota yang mendapat predikat ini sering disebut dengan ‘visual’,
karena bertugas memberi pemandangan yang indah kepada para penonton. Posisi ini
memang bukan merupakan posisi resmi seperti leader
atau maknae, yang jelas ditentukan
oleh perusahaan dan urutan umur anggota. Bukan pula seperti vocalist atau dancer, yang jelas ditentukan karena bakat dan kemampuan
masing-masing anggota. Posisi visual ini biasanya terselubung, namun masih
dapat dipetakan dengan jelas polanya. Meskipun beberapa grup menyatakan salah
seorang member tertentu sebagai
visual mereka, tetapi dalam praktiknya siapa yang sebenarnya menjadi visual
dalam grup tersebut dapat diamati.
Girl groups' visuals; kiri - kanan: Girls' Generation/SNSD Yoona, 2NE1 Sandara Park, Miss A Suzy
Who is the face of the group?
Visual dari salah dua grup yang paling mendominasi di industri musik Korea
Selatan adalah Siwon dari Suju dan Yoona
dari SNSD. Seperti yang telah bisa dibayangkan, visual adalah mereka yang
paling disorot dalam setiap MV, penampilan panggung, atau konsep album grup
tersebut. Dalam MV “The Boys” milik SNSD, Yoona tampil bahkan sebelum intro lagu dengan durasi hampir satu
menit. Begitu pula dalam MV “Mr. Simple” milik Suju, serta yang paling baru
adalah MV teaser “SPY” dimana Siwon tampil pertama, baru diikuti oleh personel
Suju lainnya. Untuk grup Infinite, mereka jelas memiliki Myungsoo alias L
sebagai visual. Tanpa perlu dipertanyakan lagi, L selalu mendapat jatah lebih
dalam MV. Begitu juga dengan Lee Joon dari MBLAQ. Ia selalu menjadi tokoh utama
dalam setiap jalan cerita MV, seperti dalam “Y” dan “This is War”. Selain MV,
dalam formasi yang ditampilkan baik di MV maupun di panggung, visual akan
ditempatkan di posisi paling strategis, yaitu tengah.
Lalu kini pertanyaannya, apakah
posisi visual hanya menonjol sebatas dalam MV, penampilan panggung atau konsep
album saja? Tentu tidak. Visual adalah mereka yang memiliki paling banyak
proyek ‘sampingan’ dibandingkan anggota lainnya. Jumlah drama yang telah
diperankan Siwon dan Yoona tentunya melebihi para anggota Suju dan SNSD
lainnya. Bahkan mereka berdua telah mulai berakting jauh sebelum anggota lain
mencoba peruntungan di layar kaca. Selain itu, visual adalah mereka yang paling
sering di-endorse untuk iklan
berbagai produk. Bagi yang tahu iklan Caribbean Bay
versi Cabi Song milik SNSD dan 2PM, disitu lagi-lagi Yoona menjadi tokoh utama
dalam mini drama yang dibuat untuk iklan tersebut. Untuk 2PM, tak pelak lagi bahwa
visual mereka adalah Nichkhun, the Thailand
prince. Sementara Sandara
Park dari 2NE1
berkali-kali menjadi karakter utama dalam CF (commercial film), seperti dalam CF Cass Beer dan CF Etude House
versi Kiss Note. Over-exposed yang
dilakukan oleh para agensi terhadap face
of the group mereka ini terkadang justru membuat si visual itu sendiri yang
dikenal sebagai seorang individu alih-alih sebagai member dari sebuah idol group.
Namun tak jarang, justru mereka lah yang menggiring orang-orang untuk menyadari
keberadaan grup mereka.
Boy groups' visuals; kiri - kanan: Super Junior Siwon, 2PM Nichkhun, SHINee Minho
What’s so important being the
face of the group? Wajah adalah anggota tubuh manusia yang pertama kali
akan menjadi fokus penglihatan orang-orang disekitarnya. Maka dari itu, ‘wajah
dari kelompok’ diharapkan menjadi mereka yang pertama kali menarik perhatian
masyarakat untuk memandang grup tersebut. Syukur-syukur, orang-orang jadi
menyukai grup tersebut karena kesan bagus yang diberikan oleh si wajah tadi. Ada dua jalan masuk
seseorang ketika ia menyukai sebuah grup. Pertama, mendengar lagu-lagunya, lalu
menyukai grup tersebut dan memilih salah seorang member sebagai bias (istilah yang digunakan untuk
menyebut member yang paling disukai). Kedua, menyukai salah seorang member, lalu mencari tahu tentang grup
tempat ia bergabung, lalu menyukai grup tersebut. Untuk jalan yang kedua, para
visual adalah mereka yang paling berkontribusi dalam hal ini. Banyak orang
menyukai Miss A karena Suzy. Banyak pula orang yang menyukai CN Blue karena
Jung Yong Hwa. Banyak orang menyukai 2NE1 karena Sandara Park.
Banyak pula orang yang menyukai SHINee karena Minho.
Banyak orang menyukai After School karena Uee. Banyak pula orang yang menyukai
Kara karena Goo Hara
Boy groups' visuals; kiri - kanan: Infinite Myungsoo a.k.a L, MBLAQ Lee Joon
The face of the group always
stands under the spotlight in the center of the formation. Banyak yang
mengatakan bahwa visual adalah yang paling dicari kedua setelah leader dalam sebuah grup. Dalam sebuah
wawancara, biasanya visual akan diberi porsi berbicara terbanyak kedua setelah leader. Begitu juga dalam setiap
penampilan grup tersebut di berbagai acara televisi, visual akan mendapat
sorotan paling sering dari kamera. Gambar-gambar klip mereka juga akan menjadi
yang paling banyak ditayangkan. EXO-K, rookie
group yang memulai debut pada tahun 2012 ini, dalam setiap kesempatan live interview di stasiun televisi,
pasti akan menempatkan Kai di dekat leader Suho. Seperti yang diketahui, selama
100 hari masa pre-debut, dari 23 teaser videos yang dirilis, Kai tampil
dalam lebih dari separuh diantaranya. Fakta ini memberi gambaran jelas bahwa
Kai adalah face of the group dari
EXO-K, bahkan mungkin dari EXO secara keseluruhan (apabila digabungkan dengan
EXO-M). Bukti ini diperkuat dengan posisi Kai dalam formasi ketika EXO
membawakan lagu “History” dan “Mama”. Dalam formasi kedua lagu tersebut, Kai
mendominasi posisi tengah.
EXO's visual lines; kiri - kanan: EXO-M Luhan, EXO-K Sehun, EXO-K Kai
The face of the group brings the
most publicity to the group. Ini adalah alasan utama mengapa kehadiran
visual sangat diperlukan dalam sebuah grup. Kata orang, “Dari mata turun ke
hati.” Tidak dipungkiri bahwa penampilan fisik merupakan salah satu kunci utama
yang harus dimiliki oleh sebuah grup, selain bakat dan kemampuan vokal, musik
dan tari. Penampilan fisik yang mendukung dapat membuat sebuah grup dicintai,
bahkan digila-gilai oleh para penggemar mereka. Jauh sebelum itu, penampilan
fisik membuat orang-orang notice akan
keberadaan grup tersebut. Salah satu cara utama untuk meraih publisitas
maksimal dalam industri hiburan Korea Selatan adalah dengan banyak tampil dalam
program-program variety show di acara
televisi. Para visual ini akan menjadi anggota
grup yang paling banyak menampakkan dirinya di program-program variety show tersebut. Semakin banyak
mereka tampil, maka akan semakin dikenal mereka. Semakin mereka dikenal, maka
grup mereka pun akan turut dikenal. Selain variety
show, para visual kebanyakan akan menunjukkan kebolehan akting mereka dalam
serial drama. Bahkan tidak jarang orang-orang lebih mengetahui Yoona dan Suzy
sebagai aktris, jauh sebelum mengetahui bahwa ia adalah personel SNSD dan Miss
A.
Girl groups' visuals; kiri - kanan: After School UEE, Wonder Girls Sohee, KARA Goo Hara
They say that the face of the
group earns more money than other members. But, they also say that the
face of the group is the most tired member. Seperti yang telah
disinggung sebelumnya, bahwa para visual memiliki lebih banyak side job dibandingkan anggota lainnya,
setidaknya pada masa awal-awal debut grupnya. Dalam sebuah acara televisi, para
anggota Suju dan SNSD mengungkapkan bahwa Siwon dan Yoona adalah personel
dengan penghasilan terbesar dibandingkan member
lainnya. Bahkan, liputan SBS E! K-Star News menyatakan bahwa Yoona merupakan member girl group dengan penghasilan
terbesar, yaitu mencapai lebih dari 4 miliar won untuk paruh pertama tahun
2012. Penghasilan itu diantaranya didapatkan dari iklan dan serial drama. Urutan
berikutnya di belakang Yoona adalah Suzy (Miss A), Uee (After School), dan
Sohee (Wonder Girls) yang kesemuanya adalah face
of the group. Namun seperti kata orang, “No pain, no gain.” Maka para visual pun biasanya merupakan member
yang paling sibuk dan lelah dibandingkan anggota grup lainnya. Ini dikarenakan
jadwal mereka yang lebih padat karena memiliki lebih banyak side job. Dalam sebuah acara televisi,
para anggota MBLAQ pernah menyatakan bahwa Lee Joon adalah member yang pergi paling pagi dan pulang paling malam karena
kesibukannya di luar aktivitas grup. Bahkan pernah pada suatu periode, member lainnya tidak sempat melihat
wajah Joon selama berhari-hari saking sibuknya.
SM Entertainment's visual lines; kiri - kanan: Sehun, Yoona, Kai, Luhan
Indeed, every member is the face of the group. Visual ada untuk menarik
perhatian orang-orang supaya mengetahui eksistensi grup pada umumnya, serta
menyukai grup tersebut pada khususnya. Dengan demikian adanya, sesungguhnya
setiap anggota grup adalah visual. Mengapa? Karena tentunya setiap orang
memiliki ketertarikan fisik alias selera yang berbeda-beda. Sebuah grup bisa
saja menentukan siapa yang paling cantik atau tampan diantara para anggotanya,
namun pada akhirnya para fans lah yang akan menentukan siapa anggota favorit
mereka, dan itu bukan selalu berarti si visual. Sehingga pada akhirnya, anggota
favorit para fans adalah visual bagi mereka masing-masing. Selain itu, daya
tarik sebuah grup tentunya tidak hanya terbatas pada penampilan fisik para
anggotanya saja. Karena pada nantinya, loyalitas para fans juga ditentukan oleh
kualitas musik dan performance grup
tersebut. Walaupun begitu, memang tidak dapat dipungkiri bahwa pesona para
visual ini kadang-kadang di luar akal sehat
Cre; http://mashitafandia.blogspot.com
^Terimakasih Sudah Baca...^
yh bener, masa sampe diluar akal sehat*ih ngeri, fans ababil gitu
BalasHapus