Jumat, 09 November 2012

Perjalanan SUper Junior Selama 7 Tahun

Assalamualaikum ^^...



Menyebutkan musik K-Pop, nama Super Junior pasti tak terlewatkan. Idol grup asal Korea Selatan ini memang memiliki sejarah panjang yang membuatnya sejajar dengan artis Hallyu lain sekelas H.O.T, Shinhwa, BoA dan TVXQ.


7 tahun perjalanan mereka, sudah membuat Super Junior memiliki 6 album studio, puluhan MV, ratusan lagu, ribuan kali penampilan, dan fans tak terhitung yang tersebar secara global membuktikan Super Junior menjadi salah satu komoditi Hallyu paling berpengaruh sepanjang sejarah.

 
Salah satu yang membuat Super Junior begitu dikenal adalah tingkat fanatisme penggemar mereka, ELF yang begitu luar biasa dalam mendukung. Meskipun satu persatu member Super Junior tidak aktif dengan alasan seperti keluar dari agensi, wajib militer, maupun fokus berakting, namun bukan berarti era mereka sudah berakhir.

Selasa (6/11), Super Junior tepat 7 tahun menjalani debut mereka di industri musik K-Pop, seperti apa perjalanan istimewa mereka?



1. 2005 – SUPERJUNIOR05 (TWINS)

Super Junior secara resmi memulai debut mereka melalui program SBS, Popular Song pada 6 November 2005 dengan lagu Twins (Knock Out). Debut album mereka SUPERJUNIOR05 (TWINS) dirilis pada 6 Desember 2005 dan menjadi album ketiga penjualan tertinggi di bulan Desember.

Super Junior 05 memiliki 12 anggota yakni Leeteuk, Heechul, Han Geng, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Siwon, Donghae, Ryeowook, dan Kibum. Mereka disebut generasi pertama Super Junior. Februari 2006, mereka memulai promosi untuk Miracle, setelah itu agensi SM Entertainment berencana mencari generasi kedua Super Junior namun ditentang oleh fans. Sehingga resmi pada 25 Mei 2006 saat merilis U, Kyuhyun menjadi member terakhir dan angka 05 dihilangkan.

Semenjak itu grup ini resmi dikenal sebagai Super Junior dengan 13 member dan tanpa adanya pengurangan atau penambahan member. Akhir tahun 2006, Super Junior meraih lebih dari 7 penghargaan dari 5 event musik bergengsi di Korea. Mereka juga menjadi salah satu pendatang baru terbaik di 21st Golden Disk Awards.



2. 2007 – DON’T DON

Super Junior mengalami kecelakaan parah pada 19 April 2007, di mana Leeteuk, Shindong, Eunhyuk, dan Kyuhyun serta dua manajer mereka harus dibawa ke rumah sakit. Kyuhyun bahkan hanya memiliki kesempatan hidup sebesar 20%, setelah koma selama 4 hari, Kyuhyun menjalani perawatan di rumah sakit dalam waktu 78 hari.

Karena hal itu, album kedua mereka, DON’T DON baru dirilis pada 20 September 2007. Album itu terjual lebih dari 60 ribu kopi dalam minggu pertama dan menjadi album dengan penjualan terbesar kedua di tahun 2007. Melalui album ini mereka meraih berbagai penghargaan musik termasuk Artist of the Year dan Disk Bonsang dari 22nd Golden Disk Awards.



3. 2009 – SORRY, SORRY

12 Maret 2009, Super Junior merilis album ketiga, SORRY, SORRY. Album ini menjadi album pertama di mana Super Junior meraih posisi puncak di chart Hanteo dengan terjual 29 ribu kopi di hari pertama. Album ini juga menjadi album dengan penjualan tertinggi di tahun 2009 yang terjual lebih dari 250 ribu kopi.

Tidak hanya itu, album ini juga menjadi best selling di Taiwan, Thailand, China, dan Filipina. Pencapaian itu disempurnakan oleh raihan Disk Daesang, penghargaan musik tertinggi di Korea Selatan. Kesuksesan itu bahkan membuat Sorry, Sorry menjadi salah satu lagu K-Pop paling populer di dunia.

Namun kesuksesan tinggi itu justru membuat ketimpangan di Super Junior. Di mana member Kibum akhirnya memutuskan untuk hiatus dari aktivitas Super Junior demi karir aktingnya, sehingga semenjak promosi album ketiga sampai saat ini, Kibum sudah tidak terlibat.



4. 2010 – BONAMANA

Desember 2009, Han Geng mengajukan gugatan atas kontrak 13 tahun dari SM Ent yang dianggapnya tidak manusiawi, semenjak itu Han Geng akhirnya hengkang dari agensi SM Ent dan melanjutkan karir di China yang praktis membuatnya sudah tidak aktif dalam kegiatan Super Junior.

Tidak hanya Han Geng, Oktober 2009, Kangin terlibat dalam kasus pemukulan dan puncaknya di bulan Desember dia memutuskan menjalani wajib militer selama 2 tahun yang resmi dimulai pada Juli 2010. Sehingga saat merilis album ke-4, BONAMANA di bulan Mei 2010, Super Junior tinggal menyisakan 10 member.

BONAMANA berhasil terjual lebih dari 300 ribu kopi di Korea Selatan dan memuncaki chart musik Korea-Jepang di Taiwan selama 61 minggu. Semenjak perilisan album ke-4, Super Junior semakin meraih berbagai penghargaan tidak hanya di Asia namun dunia. Membuat mereka menjadi salah satu ikon penting dan pemimpin dari Hallyu Wave di dunia.



5. 2011 – MR. SIMPLE

Dirilis pada 3 Agustus 2011, album MR. SIMPLE menjadi album kelima Super Junior. Album ini memulai debut langsung di posisi pertama chart Gaon dengan terjual sebanyak 287.427 kopi. Sampai bulan Oktober, album ini sudah terjual 441.000 kopi dan masuk dalam posisi ketiga chart album dunia Billboard serta posisi ke-17 dalam chart album Oricon Jepang.

Di tahun 2011 pula, Super Junior kembali kehilangan member yakni Heechul yang menjalani wajib militer pada bulan September. Bulan Januari 2012, mereka meraih empat penghargaan di Golden Disk Awards, termasuk award tertinggi, Disk Daesang yang merupakan kali kedua mereka dapatkan.



6. 2012, SEXY, FREE & SINGLE

Setelah menjalani wajib militer hampir 2 tahun, Kangin akhirnya menyelesaikan tugasnya pada bulan April 2012. Kangin lalu terlibat dalam album ke-6 Super Junior, SEXY, FREE & SINGLE yang dirilis pada 1 Juli 2012.

Album ke-6 ini meraih peringkat tinggi di chart iTunes beberapa negara seperti Australia, Prancis, Peru, dan Jepang. Tidak hanya itu, Super Junior juga mendapat posisi ketiga di chart album dunia Billboard dan terjual sebesar 335.744 hanya dalam satu bulan yang membuat mereka ada di posisi pertama chart Hanteo selama bulan Januari-September 2012.

Versi Jepang album ini juga mencatat penjualan lebih dari 100 ribu kopi. Usai promo album berakhir, lagi-lagi ELF kehilangan salah satu member Super Junior. Di mana kali ini adalah sang leader, Leeteuk yang menjalani wajib militer mulai 30 Oktober 2012 lalu selama hampir 21 bulan ke depan.




7. Super Junior M

Super Junior M adalah sub grup Super Junior paling sukses. Member awal grup ini adalah Han Geng sebagai leader lalu Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun dan dua member asal China yakni Zhoumi dan Henry yang akhirnya lambat laun dikenal ELF sebagai bagian dari keluarga Super Junior.

Setelah Han Geng memutuskan hengkang dari agensi SM Ent, member Sungmin dan Eunhyuk masuk dalam Super Junior M. Sejauh ini, Super Junor M sudah merilis dua mini album dan satu album. Mereka memulai debut di Beijing pada 8 April 2008, dan memang lebih fokus dalam kegiatan musik Mandarin. Namun tingginya permintaan, membuat Super Junor M merilis juga album versi Jepang.

Berbagai penghargaan sudah diraih oleh Super Junior M. Pada 27-28 Desember 2008, mereka menggelar show solo pertama di Hong Kong. Mereka menjadi salah satu grup paling sukses di Asia.




8. Super Junior K.R.Y

Jika Super Junior M adalah sub grup Super Junior dengan ciri khas musik Mandarin dan skill dance serta bakat musik tiap member, maka Super Junior K.R.Y adalah sub grup yang memiliki ciri khas kualitas vokal mereka.

Terdiri dari 3 vokalis utama Super Junior yakni Yesung sebagai leader, lalu Ryeowook dan Kyuhyun, mereka memulai debut pada 5 November 2006 dengan lagu The One I Love dalam program KBS Music Bank. Dalam setiap konser solonya, K.R.Y lebih mengedepankan kualitas vokal dengan lagu berkelas.

9. Super Junior T, H & Duo EunHae

Menyusul Super Junior K.R.Y sebagai sub grup pertama mereka, maka dibentuklah Super Junior H (Leeteuk, Yesung, Kangin, Shindong, Sungmin, Eunhyuk) dan Super Junior T (Leeteuk, Heechul, Kangin, Sungmin, Shindong, Eunhyuk).



Dengan ciri khas musik masing-masing, dua sub grup itu membawa hal unik. Jika Super Junior H dikenal dengan musik ceria seperti Cooking, Cooking dan Pajamas Party, maka Super Junior T dengan musik Trot mereka seperti lagu Rokkugo.




Selain dua sub grup itu, Super Junior merilis satu sub grup baru yakni Super Junior Eunhae yang diisi dua dancer utama mereka yakni Eunhyuk dan Donghae. Mereka merilis digital single Oppa Oppa di tahun 2011.





10. Super Show

Kesuksesan luar biasa Super Junior di Korea Selatan, Asia, dan global terlihat dari pencapaian album, penghargaan, dan popularitas mereka. Hal ini membuat Super Junior merilis tur konser untuk bisa bertemu dengan penggemar di luar Korea Selatan.
Dimulai di tahun 2008, konser tunggal mereka yang bertajuk Super Show semakin dikenal dengan jumlah penonton yang setiap tahun terus mengalami peningkatan. Jika Super Show 1-3 lebih dikenal dengan tur Asia, maka Super Show 4, Super Junior mulai menyapa ELF secara global.

Sudah lebih dari jutaan ELF yang menonton tur konser ini, maka tak heran, setiap kali Super Show digelar, puluhan ribu warna Sapphire Blue yang menjadi ciri khas ELF memenuhi venue konser. Super Show merupakan bukti bahwa Super Junior adalah salah satu komoditi terpenting musik K-Pop.

FULL CREDIT : KAPANLAGI

^Terimakasih Sudah Baca...^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa untuk meninggalkan jejak kawan di kotak komentar yaaa ...
Apa aja ... Asal sopan n NO Spam ... Don't be silent reader guys
Terimakasih Sudah Berkunjung... ^_*